Kamis, 18 Juli 2019

JUKNIS PEMBERDAYAAN ORANG TUA DI RAUDHATUL ATHFAL (RA)


Anak merupakan amanah yang  harus diperhatikan gizi dan kesehatannya, dirawat, diasuh,  dididik, dan  dilindungi  secara  optimal. Layanan   optimal   terhadap   anak   mencakup  pada   seluruh   aspek kebutuhan hidup.  Layanan tersebut dilakukan sejak usia dini.
Salah  satu aspek kebutuhan hidup anak yang  perlu  diperhatikan adalah  pendidikan.  Pendidikan  terhadap  anak  merupakan  tanggung jawab bersama antara keluarga,  masyarakat dan pemerintah.

Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama dan utama bagi anak.    Pendidikan    ana pad keluarga   dilakukan    sejak    dalam kandungan.   Oleh karena  itu,  keluarga  memiliki peran  yang  sangat mendasar dalam mengoptimalkan  semua potensi anak.
Keluarga  sebagai  lembaga  pendidikan  informal  dilindungi  dalamUndang-Undang  Nomor   20 Tahun 2003  tentang  Sistem   Pendidikan Nasional.  Sebagaimana dikemukakan  oleh Ki  Hadjar Dewantara: "Keluarga  adalah  lingkungan  pendidikan yan pertamdan utama." Dengan  demikianperan  keluarga  dalam  ha!  pendidika bagi  anak, tida dapat  tergantika sekalipu anak   telah  dididik  di   lembaga pendidikan  formal   maupun  nonformal Untuk  itu keluarga  harus memiliki kemampuan  dalam  melaksanakan  proses  peningkatan  gizi dan   kesehatan,   perawatan,  pengasuhan,   pendidik;a dan perlindungan.
Masyarakat  memiliki peran  penting  dalam  mewarnai  kehidupan anakLingkungan masyarakat menjadi penentu terbentuknya karakter anak.      Lingkungan     masyarakat     yang    kondusif     akan    mampu membentuk karakter anak yan positif.  Sebaliknylingkungan masyarakat  yang kurang  kondusif akan  menjadikan  karakteanak yang negatif.
Pemerintah      melalui      kewenangannya     memiliki     kewajiban membentuk karakter anak sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Kewenangan pemerintah dalam ha! ini berupa kebijakan-kebijakan di bidang pendidikan.
Kenyataan  yang  dijumpai  di masyarakat,  masih banyak keluarga yang  belum memahami akan peran penting keluargaOleh karena itu, diperlukan adanya kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampila keluarga  agar  orangtua   dapat  memberikan   dukungan kepad anak   usi dini     secar lebih    optimal    melalui    program pemberdayaan  orangtua yang pada layanan di RA.
Keselarasan  pendidikan yang dilaksanakan  di RA dan di keluarga sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan anak secara menyeluruh.Satuan  pendidikan RA perlu memfasilitasi penyelenggaraan program pemberdayaan orangtua sebagai upaya keselarasan dan keberlanjutan antara pendidikan anak di   RA dengan  pendidikan yang dilakukan di keluarga.
Program keterlibatan  orangtua  mendorong    keterlibatan  keluarga dalam  proses    pembelajaran  RA.   Program  keterlibatan  orang  tua ini meliputi  keterlibatan/   interaksi  dalam  komunikasi  dua  arah  antara pendidik daorantua,  keterlibatan  orantua sebagai  "guru  tamu", dan pengambilan keputusan  serta advokasi bagi  anak.
Berdasa pada   kebutuha diatas maka  diperluka Petunjuk Teknis  Pemberdayaan   Orang  Tua  sebagai  pedoman  lembaga   dalam membuat program pemberdayaan orang tua di RA.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.